Laman

Kamis, 02 Agustus 2012

Masjid Raya Tuatunu di Bangka

Masjid Raya Tuatunu merupakan masjid terbesar di Pulau Bangka yang berada di pinggir jalan raya di Kelurahan Tuatunu, Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang, Bangka. kami pernah mengunjungi masjid ini beberapa kali. Salah satunya saat malam pertama puasa Ramadhan kali ini, dimana kami sekeluarga melakukan sholat isya' dan tarawih di malam pertama Ramadhan 1433H di masjid ini.


masjid Raya Tuatunu tamppak dari depan

Subhanalloh begitu megah dan luasnya masjid ini berdiri di tengah-tengah perkampungan masyarakt Tuatunu. Masjid Raya Tuatunu ini berukuran cukup besar, khususnya untuk tempat yang lokasinya agak jauh dan di lingkungan sederhana seperti Tuatunu ini,  sehingga Masjid Raya Tuatunu menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat. Senangnya hati kami bisa sholat isya' dan tarawih di masjid yang menjadi ikon kebanggaan masyarakat Bangka. Semoga bermanfaat dan jika berkunjung ke pulau Bangka jangan lupa untuk melakukan wisata religi di masjid Raya Tuatunu ini.


Sebuah pemandangan di ruangan utama masjid. Rancang bangun di dalam masjid boleh dikatakan biasa dan terkesan sederhana, dengan karya kaligrafi berukuran sedang terlihat di dalam ruangan



Ornamen lain di dalam masjid adalah gelas kaca berwarna yang berada di bagian depan dan belakang ruang utama masjid.



Bagian dalam kubah, yang biasanya merupakan salah satu tempat yang paling indah dan megah di dalam sebuah masjid juga terkesan datar dan biasa.



Selasar yang menuju satu-satunya menara masjid. Luas keseluruhan selasar adalah 92 meter persegi.


Tempat wudhu ada dua kolam berukuran besar yang terletak di pintu masuk sebelah depan yang akan menuju masjid.


Masjid Raya Tuatunu ini dibangun di atas tanah seluas 9.920 m2. Lantai dasar utamanya memiliki luas 784 m2, lantai duanya 490 m2 dan teras luarnya seluas 520 m2. Menara Masjid Raya Tuatunu tingginya 47,5 meter, dan jika memiliki stamina cukup anda bisa naik sampai ke puncaknya menapaki serangkaian tangga berputar.

Masjid Raya Tuatunu yang diresmikan pada 20 Maret 2008 ini, dilengkapi dengan jaringan internet, Bedug digital, dan perangkat suara berkekuatan 3.500 watt. Masjid yang tampaknya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Tuatunu, pernah dikunjungi oleh Presiden SBY pada Juli 2008 ketika menghadiri peringatan Isra’ Mi’raj bersama pejabat dan masyarakat setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar