Laman

Kamis, 02 Agustus 2012

Masjid Jami' Pangkalpinang

Wisata religi kali ini adalah di Masjid Jami' Pangkalpinang. Letaknya di tengah kota, yaitu jl. Masjid Jamik Pangkalpinang. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di Pangkalpinang. Letaknya yang ada si persimpangan jalan sangat memudahkan kami untuk mengunjungi dan bertamu di rumah ALLAH ini untuk menjalankan rukun islam kedua, yaitu Sholat berjama'ah, baik dengan imam masjid, ataupun berjama'ah dengan my little fam..Terkadang aji melaksanakan sholat jum'at di masjid ini bersama ayahanda karena letak masjid yang tidak terlalu jauh dari rumah kami.

masjid jami' Pangkalpinang terlihat dari Utara

Masjid Jami' Pangkalpinang berada diantara sudut Jl. Masjid Jamik dan Jl. KH Abdul Hamid, di tengah kota Pangkalpinang. Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 5.662 m2. Masjid ini memiliki 3 lantai, dengan lantai pertama digunakan untuk bersembahyang yang mampu menampung 2.000 jamaah. Lantai kedua dipergunakan untuk perpustakaan dan untuk menyimpan benda lain, serta lantai ketiga digunakan oleh muazzin untuk mengumandangkan azan.

hiasan kubah

Keindahan dan kekayaan rancangan dan dekorasi sebuah mesjid, sebagaimana tempat ibadah yang lain, bisa menggambarkan kadar kecintaan dan pengabdian dari komunitas setempat dan kemajuan serta mutu karya budaya dan seni orang-orang di sekitarnya. Oleh karenanya, selalu menarik dan memberi inspirasi buat saya ketika berkunjung ke tempat-tempat istimewa seperti itu.

hiasan kubah masjid yang indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar