Laman

Selasa, 03 Juli 2012

Pantai Matras di Sungailiat Bangka

Pantai Matras merupakan salah satu Wisata Bahari di  Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, merupakan salah satu dari empat pantai menawan (pantai parai, pantai tanjungpesona, pantai matras dan pantai pasir padi). Di sekitar pantai terdapat batu granit yang besar dengan ombaknya yang terkadang tenang terkadang juga tinggi.

aji asyik bermain di pantai matras

Pantai Matras merupakan Kuta-nya Bangka. Ya, jika dikelola lebih baik lagi, maka pantai matras bisa menjadi salah satu wisata bahari yang menjanjikan, lho. Hamparan pantai yang memanjang dengan ombak yang tidak terlalu besar, sangat cocok untuk tempat berwisata bagi keluarga ataupun khalayak.


Bahkan, saat pergantian tahun baru kemarin, tepatnya malam tahun baru tanggal 1 Januari 2012 artis ibukota yang sedang naik daun "Ayu Ting Ting" melakukan show di pantai ini. Alhasil, pantai matras sangat ramai dan riuh menyambut datangnya tahun baru plus adanya hiburan dari artis pelantun "alamat palsu&syik asyik" ini.




Pantai Matras adalah satu dari empat pantai menawan yang saya kunjungi di Pulau Bangka. Pantai Matras menyajikan indahnya pemandangan langit biru, serakan awan putih keperakan, butiran pasir putih halus bersih, debur air laut jernih berkilau biru hijau, dan silir angin dalam keteduhan bayang pohon nyiur di sepanjang garis pantai yang luas.



Inilah surganya pantai, dengan jejeran pohon nyiur melambai di sepanjang pantai, hamparan pasir putih yang halus dan bersih, air laut jernih dengan gelombang yang jinak, dan langit biru dihiasi awan keperakan yang menggantung di sana-sini. Namun sejarah menunjukkan bahwa semakin cantik sebuah tempat, semakin berbahaya pula ia bagi penghuninya. Jika bukan karena alam, maka keserakahan manusia pendatanglah yang menghancurkannya. Karenanya, surga hari ini bisa jadi merupakan neraka bertahun-tahun sebelumnya, atau bertahun kemudian.



Pelepah nyiur di tepi pantai, sesuatu yang diabaikan oleh sebagian orang, bisa terlihat cantik atau menarik bagi yang lain. Beberapa orang terlihat tengah menikmati suasana tepi Pantai Matras, di bawah bayang pepohonan nyiur, seraya duduk nyaman di atas hamparan pasir putih yang lembut.



Agaknya karena keindahannya, Pantai Matras juga dikenal oleh masyarakat setempat sebagai Pantai Surga, dan merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi, baik oleh orang Bangka sendiri maupun pengunjung dari luar pulau. Pantai ini membentang sejauh 3 km dengan lebar pantai antara 20-40 meter. Pantai Matras berada di desa Matras, yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sungailiat, sekitar 40 km dari kota Pangkalpinang, Ibukota Pulau Bangka.



Pantai tentu saja dapat memberi apa yang gunung tidak bisa sajikan, dan sebaliknya. Masing-masing memiliki kelemahan bawaan, menurut sementara orang, yang tidak begitu dihiraukan atau malahan menarik bagi orang lain. Orang cenderung selalu mencari sesuatu yang mereka belum miliki, atau yang telah lama pergi...betul tidaak...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar