Laman

Senin, 03 September 2012

Bermain di Patung Dwarapala (Butho) di Singosari

Saat liburan lebaran 1433H, kami menyempatkan diri untuk mengajak Aji dan sepupunya Aji, yaitu adik Zahra untuk bermain dan menikmati wisata sejarah di patung Dwarapala atau lebih dikenal dengan Butho yang letaknya sangat dekat dengan rumah kakek & neneknya Aji. Terlebih lagi dua nenek (eyang uti) nya Aji bekerja di SDN Candirenggo I yang lokasi sekolahan tersebut berada di utara patung Buto ini. Letak patung Dwarapala (Butho) tepatnya di jl.Kertanegara Desa Candirenggo Kecamatan Singosari. Kedua patung ini dipisahkan oleh jalan desa yang telah diaspal. 


Di sebelah barat Candi Singosari kira-kira berjarak 200 meter kita akan menemui dua patung raksasa yang dinamakan patung Dwarapala (biasanya orang-orang menyebutnya Butho) yang menurut cerita adalah penjaga pintu gerbang kerajaan Singosari pada zaman Kerajaan Singosari di masa lampau. 



Dahulu patung yang berada di sebelah selatan pernah mengalami ambles hampir seperempat tubuhnya kira-kira tahun 1987-an, kemudian diangkat dengan mengunakan pesawat helikopter.  Kemungkinan efek dari betapa beratnya patung tersebut. Sehingga mungkin saat ini posisi kedua patung tersebut sudah tidak seperti sediakala.


Betapa senangnya Aji dan Zahra saat berada di lokasi patung ini. Sehingga kami menyempatkan diri untuk mengabadikan moment tersebut dengan mengambil beberapa foto atau gambar dari kedua patung tersebut, serta tidak lupa pula untuk menyalurkan hobi berfoto ria (narsis dulu, aah)...hehehe...



Semoga aktifitas jalan-jalan ini bermanfaat tuk menambah wawasan pengetahuan bagi ananda Aji dan Zahra...^_^...juga bermanfaat tuk pembaca yang mampir & melihat blogger saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar