Laman

Selasa, 10 Januari 2012

Sawo Enak dari Bringin Pare

Bagi yang sering ke Pare dari arah Jombang (Utara), pasti sudah tahu daerah atau desa Bringin. Desa Bringin adalah desa yang merupakan pintu masuk kota Pare melalui jalur utara (dari arah jombang / Surabaya). Apa sih keisitimewaan desa ini. Jika kita perhatikan, biasa saja, tapi jika diteliti lebih seksama, maka disepanjang jalan raya desa ini terdapat gubuk sederhana (berupa bambu) untuk berjualan. yang membuat istimewa adalah barang dagangan yang dijual adalah buah sawo. Terkadang saat musim petai (pete, bahasa jawa), juga ada pedagang yang menjual petai, bahkan jika musim rambutan ataupun alpukat, terkadang juga ada yang menjual buah tersebut. Akan tetapi yang paling sering dijual dan yang merupakan ke-khas-an daerah ini selalu ada yang jualan buah sawo yang berwarna coklat ini.

ehm.....yummy

Banyak pedagang sawo menata daganganya di lapak lapak yang berjajar di tepi jalan raya jalur Kediri  - Surabaya, tepatnya di Desa Bringin yang terkenal ramai. Dalam penataan sawo ini, penjual menata dagangannya dengan sangat menarik, sehingga mengundang para pengemudi atau pengendara mampir untuk membeli buah yang terkenal manis sebagai oleh-oleh. Sehingga sangat sayang bila pas kita lewat jalur tersebut tapi kita tidak membelinya. Sehingga, yang khas dari dagangan ini yaitu buah tidak dijual perkilo, tapi dibentuk seperti gunung dalam wadah (nampan)


Jika anda melewati kawasan ini, silahkan dicoba ya, untuk mampir dan membeli buah yang manis ini, bisa untuk dikonsumsi bersama keluarga atau sebagai buah tangan (oleh-oleh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar